0
Sahadewi.comMempunyai kulit wajah yang putih adalah impian dari setiap wanita. Kulit yang putih akan nampak lebih indah dipandang daripada kulit yang kusam karena kurang terawat. Upaya memutihkan kulit bisa ditempuh dengan berbagai cara, tapi, ingatlah bahwa tidak semua cara memutihkan kulit baik untuk kesehatan kulit Anda.
Yang menjadi penyebab utama kulit menjadi gelap dan kusam adalah penggunaan kosmetik yang tidak tepat. Mengetahui hal ini, ada baiknya jika Anda lebih bijak ketika harus memilih dan menggunakan produk pemutih yang beredar di pasaran. Akan lebih baik lagi jika Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, sehingga kulit Anda bisa mendapatkan perawatan di tangan yang tepat.
Apabila Anda malas pergi ke dokter, ada cara memutihkan kulit secara alami yaitu dengan menggunakan masker. Masker sudah dipercaya sebagai salah satu perawatan yang mampu meregenerasi kulit sejak lama. Kali ini, kami akan berbagi resep masker alami untuk memutihkan wajah yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Berikut ulasannya.
1. Masker madu dan susu
Selain untuk kesehatan, madu ternyata juga sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan. Kandungan di dalamnya ternyata bisa menjadi obat mujarab bagi berbagai macam masalah kulit. Perpaduan antara madu dan susu akan menghasilkan campuran terbaik untuk membuat kulit tampak lebih cerah. Madu berfungsi untuk mencegah munculnya jerawat, sedangkan susu bermanfaat untuk mencerahkan kulit.
Cara membuatnya cukup sederhana, yaitu dengan mencampurkan 1 sdm madu dengan 1 sdm susu. Aduk hingga tercampur rata dan aplikasikan pada wajah. Lakukan gerakan memutar searah jarum jam dengan jari selama kurang lebih 2 menit. Diamkan selama 15 hingga 20 menit kemudian basuh dengan air.
2. Masker kentang dan lemon
Kentang memiliki banyak sekali manfaat bagi kulit. Beberapa di antaranya yaitu mencerahkan kulit, menghilangkan bekas jerawat dan menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya itu, kentang juga merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah kulit berminyak.
Kandungan di dalamnya juga dapat mencegah pigmentasi yang dapat membuat kulit menjadi gelap. Lemon merupakan partner terbaik bagi kentang dalam memutihkan kulit. Lemon merupakan pemutih alami yang memiliki kemampuan untuk membersihkan kulit, mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit lebih cerah.
Ambil satu buah kentang dan satu buah lemon. Haluskan kentang kemudian peras lemon lalu campur hingga rata. Aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan dan diamkan 20 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air.
3. Masker pisang dan minyak almond
Masker dengan kedua bahan ini bisa dibilang masker yang paling efektif untuk membuat kulit tampak lebih putih dan bersinar. Pisang sangat kaya akan Vitamin C dan B6 yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen berfungsi untuk menjaga elastisitas dari kulit.
Sedangkan almond merupakan sumber Vitamin E, A dan D yang merupakan antioksidan alami yang efektif untuk meningkatkan kesehatan kulit. Tidak hanya itu, almond juga dapat berperan sebagai pelembab serta pencerah alami bagi kulit Anda.
Siapkan satu buah pisang yang telah matang dan 1 sdt minyak almond. Haluskan pisang dan campurkan dengan minyak almond. Aduk hingga rata lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan 20 menit dan bersihkan dengan air.
4. Masker yogurt dan oat
Yogurt dan oat, keduanya memiliki khasiat untuk mencerahkan warna kulit, memudarkan bintik-bintik hitam pada wajah dan mencegah pigmentasi. Oatmeal memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan kecerahan kulit. Sedangkan yogurt memiliki kandungan yang dapat melembabkan dan menghaluskan kulit.
Cara membuatnya: pertama, siapkan 2 sdm yogurt dan 1 sdm oats. Masukkan yogurt dan oats ke dalam mangkuk kemudian aduk hingga tercampur rata. Setelah itu aplikasikan pada wajah, leher dan lengan Anda. Aplikasikan dengan gerakan memutar menggunakan jari selama 5 menit. Diamkan 20 menit kemudian bersihkan dengan air.
5. Masker tomat dan timun
Tomat adalah salah satu sayuran yang paling sering dijadikan bahan masakan, tetapi kurang begitu terkenal akan khasiatnya untuk mencerahkan kulit. Tomat memiliki kandungan yang berfungsi sebagai sunscreen alami yang akan melindungi kulit dari bahaya efek negatif sinar matahari. Sedangkan timun dapat berperan sebagai obat herbal untuk mengatasi pigmentasi, bekas jerawat dan luka. Tidak hanya itu, timun juga mampu mengatasi mata panda Anda.
Pertama, sediakan 1 buah tomat kecil, dan ½ timun yang sudah dikupas. Kemudian haluskan tomat dan campur dengan timun yang sudah diparut. Setelah itu campur hingga rata lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan 20 menit dan bersihkan dengan air.
6. Masker stroberi dan susu
Siapa yang tak kenal dengan buah kecil berwarna merah ini? Selain dapat dikonsumsi, stroberi ternyata juga dapat digunakan sebagai masker untuk memutihkan kulit. Buah yang kerap kali dijadikan perasa berbagai jenis makanan ini, ternyata memiliki kandungan yang dapat mengatasi masalah bekas jerawat atau luka. Stroberi juga dapat membantu regenerasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen.
Cara membuat masker ini adalah dengan menghaluskan 2 buah stroberi dan mencampurkannya dengan 1 sdm susu. Setelah tercampur rata, aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan. Kemudian diamkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan air.
7. Masker walnut dan krim susu
Walnut sangat kaya akan antioksidan, Vitamin E dan B yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit wajah secara menyeluruh dengan menetralkan kerusakan akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Sedangkan krim susu merupakan pelembab alami yang sangat baik bagi kulit kering.
Untuk membuatnya, siapkan 5 walnut dan 1 sdm milk cream. Rendam walnut dalam air selama kurang lebih 1 jam kemudian tumbuk hingga halus dan menjadi seperti bubur. Kemudian masukkan milk cream dan aduk hingga rata. Aplikasikan pada wajah, diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bersihkan dengan air.
8. Masker pepaya dan madu
Pepaya mengandung enzim yang bernama papain yang membantu kulit untuk regenerasi. Di dalamnya juga terkandung Vitamin A, C dan E serta antioksidan yang membantu melembabkan kulit, dan mencegah terjadinya infeksi. Selain tu, pepaya juga mampu berperan sebagai sunscreen alami yang akan melindungi kulit Anda dari sengatan matahari.
Sediakan kurang lebih 200 gram pepaya dan 1 sdt madu. Haluskan pepaya kemudian campurkan dengan madu. Setelah tercampur, aplikasikan pada wajah dan diamkan 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.
9. Masker lidah buaya
Lidah buaya memiliki kemampuan untuk mengurangi pigmentasi berlebih dan mengembalikan warna alami kulit Anda. Tidak hanya itu, efek dingin yang ditimbulkan oleh lidah buaya dapat membantu regenerasi sel-sel baru dan membangun kembali sel yang rusak. Hal ini sangat penting untuk membuat kulit lebih cerah.
Pertama, ambil bagian dalam dari lidah buaya kemudian haluskan. Kemudian aplikasikan pada wajah hingga merata. Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan air. Lakukan perawatan ini minimal sehari dua kali selama satu minggu untuk hasil yang optimal.
10. Masker bengkoang
Bengkoang sangat kaya akan Vitamin B dan C yang mampu memutihkan dan menjaga kulit wajah selalu bersih, jernih dan bersinar. Cara mendapat manfaat dari bengkoang ini sangat mudah, cukup dengan memarut 1 buah bengkoang dan memerasnya untuk diambil airnya.
Kemudian diamkan sari bengkoang hingga muncul endapan, dan endapan itulah yang digunakan untuk merawat kulit Anda. Aplikasikan endapan pada wajah lalu diamkan selama 20 menit. Jika sudah, bersihkan dengan air.

Posting Komentar

 
Top