0
Keinginan yang paling kuat dari seseorang yang memiliki badan berlebihan atau biasanya disebut buncit membuat resah karena tidak nyaman pada saat melakukan kegiatan-kegiatan tertentu atau juga merasa malu dengan si dia yang selalu memperhatikan perkembangan tubuh anda.
Diet kini menjadi kegiatan yang tak hanya akrab di telinga wanita, namun juga pria. Hasrat untuk memperoleh berat dan bentuk tubuh yang ideal membuat banyak orang tak ragu mencoba berbagai metode diet, yang variannya terus bertambah dari hari ke hari.
Sejatinya, diet yang baik wajib dilakukan dengan berolahraga teratur dan mengkonsumsi makanan yang proporsional dengan kebutuhan tubuh. Namun demikian, hal tersebut tak mudah dijalani oleh semua orang, terutama mereka yang sudah terlanjur punya kebiasaan makan yang sulit diubah atau tak punya banyak waktu berolahraga.
Tak heran jika lantas muncul beberapa metode diet anyar, yang mengklaim bisa menurunkan berat badan tanpa harus melalui usaha keras dan menyita waktu. Metode diet seperti ini dikemas semenarik mungkin, agar mereka yang menerapkannya tak sampai berhenti di tengah jalan.
Bagaimana dengan Anda? Tertarik juga untuk melakukan diet atau mengurangi berat badan? Simak beberapa cara mengecilkan perut buncit berikut ini.
1. Banyak minum air putih
Minuman berenergi atau jus buah-buahan memiliki kandungan kalori yang cukup besar. Namun seringkali minuman seperti ini tidak membuat tubuhmu puas, jika dibandingkan dengan makanan lain yang memiliki kalori sama. Bahkan jika diperhatikan, ada minuman yang juga mengandung karbohidrat dan sodium.
Sementara itu, air putih mengandung nol kalori dan karbohidrat, membuatnya menjadi minuman pendamping diet yang sempurna. Selain itu, minum air putih akan membuat proses metabolisme tubuhmu menjadi lebih lancar. Jika dirasa terlalu tawar, Anda bisa menambahkan daun mint atau potongan jeruk lemon.
2. Hindari roti dan pasta
Usahakan untuk tidak memakan roti atau pasta yang mengandung padi-padian atau gandum berwarna putih. Umumnya, kandungan bahan seperti itu terdapat dalam nasi putih, roti sandwich, dan spaghetti. Karbohidrat yang terdapat dalam bahan makanan tersebut akan membuat beberapa bagian tubuhmu mengalami penambahan volume, terutama di bagian perut.
Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi beras lain, seperti beras merah. Selain itu, perbanyak konsumsi sayuran. Jika Anda biasa mengkonsumsi sandwich daging ayam, maka kini ubahlah menu tersebut menjadi chicken salad.
3. Latihan cardio
Latihan apapun yang bisa meningkatkan detak jantung akan membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Namun jumlah kalori yang terbakar di dalam tubuh akan meningkat secara signifikan jika Anda melakukan beberapa aktivitas secara beruntun, sebagai bagian dari latihan tersebut.
Ada banyak video tutorial mengenai latihan cardio yang bisa Anda lihat di YouTube. Anda juga bisa melakukan browsing di Internet untuk mencari informasi mengenai latihan cardio sederhana yang bisa dilakukan di kantor atau rumah.
4. Minum kopi
Minum kopi memang tidak disarankan ketika Anda sedang melakukan diet. Namun jika Anda merasa sulit lepas dari kebiasaan minum kopi di pagi hari, lakukanlah satu jam sebelum Anda mulai bekerja. Hal tersebut akan membuat kalori yang tergandung dalam kopi terbakar ketika Anda mulai sibuk dan tenggelam dalam rutinitas kerja.
5. Lakukan sit-up
Sit-up hingga 30 kali sehari akan membantu Anda mengecilkan perut buncit dengan cepat. Pasalnya, latihan jenis ini fokus pada bagian bawah tubuh.
Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu memaksakan diri jika belum terbiasa. Tambah terus jumlah sit-up setiap hari, jika memang merasa sudah lebih kuat. Jika Anda langsung melakukannya dalam jumlah banyak, resiko untuk mengalami kram di bagian perut amat tinggi.
6. Korbankan satu makanan
Tak ada usaha yang berhasil tanpa pengorbanan dan hal yang sama juga berlaku ketika Anda ingin membuat perut buncitmu mengecil. Dalam hal ini, Anda perlu mengorbankan satu makanan, yang biasa Anda konsumsi dan mengandung kalori amat tingi. Misalnya saja, cake coklat usai makan malam atau cemilan keripik kentang kala sedang bekerja di depan komputer. Mengurangi hal-hal kecil seperti ini akan banyak membantu dalam mencapai berat ideal.
7. Cari angle kamera yang pas
Seringkali Anda merasa minder dengan bentuk tubuhmu, lantaran Anda terlihat lebih gemuk kala sedang berfoto bersama dengan teman-teman. Untuk bisa mengatasi ini, usahakan untuk berdiri di tempat dan sudut yang tepat, sehingga kamera tidak membuat volume tubuhmu terlihat besar.
Dengan demikian, kondisi psikologismu tetap terjaga dan Anda masih terus bersemangat melakukan diet.
8. Kurangi merokok
Rokok mengandung banyak zat berbahaya yang tidak bagus untuk tubuh. Mengurangi atau bahkan meniadakan konsumsi rokok bakal memberi dorongan yang bagus dalam usahamu mencapai bentuk badan yang ideal.
Namun jika memang sulit, Anda bisa mencoba menggunakan patch khusus yang mengandung nikotin dan dijual bebas di pasaran. Opsi lain adalah menggunakan rokok elektrik, meski penggunaannya juga tidak disarankan terlalu sering.
9. Bersihkan kulkas
Bersihkan kulkas di sini bukan berarti membersihkan dari kotoran. Namun Anda bisa mulai mengosongkan bahan makanan atau cemilan yang berpotensi besar menambah berat badan dan membuat perutmu buncit.
Segera ganti semua panganan tersebut dengan produk yang lebih sehat dan ramah bagi tubuh. Otomatis, hal ini akan membuat Anda memilih produk yang lebih baik di masa depan dan tanpa sadar, bentuk tubuhmu akan berubah dengan sendirinya.
10. Pilih ukuran sedang
Selalu pilih ukuran sedang atau kecil, ketika Anda membeli makanan yang menawarkan opsi untuk hal tersebut. Awalnya mungkin memang sulit, terutama bagi Anda yang doyan mengkonsumsi fast food. Namun dengan memulai kebiasaan bagus ini, perlahan impianmu untuk mengecilkan perut buncit dan mendapat bentuk tubuh yang ideal akan segera tercapai.
Via : Warta.co

Posting Komentar

 
Top