0
Sahadewi.com - Kesibukan dan jam kerja yang sangat tinggi, atau berbagai tekanan tuntutan pemenuhan ekonomi membuat seseorang mengalami situasi stress. Di dunia modern ini banyak sekali hal-hal yang memicu timbulnya stress pada seseorang. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa pemicu utama stress pada seseorang salah satunya adalah pekerjaan.
Penyebabnya pun beragam, mulai dari tidak bahagia dengan pekerjaan, memikul tanggung jawab yang terlalu besar, gaji terlalu kecil, jam kerja yang terlalu panjang atau kurangnya manajemen waktu.
Stress juga dapat muncul dari beberapa hal seperti perceraian, kehilangan orang yang dikasihi, kehilangan pekerjaan atau mungkin juga bisa karena masalah emosi.
Selain karena faktor dari luar, stress juga bisa muncul dari dalam diri sendiri. Anda akan menjadi stress ketika Anda terlalu mengkhawatirkan hal-hal sepele, terlalu banyak berharap. dan memiliki low self-esteem.
Kadar stress yang Anda alami sangat bergantung pada kerakteristikmu dan bagaimana Anda menyikapi suatu masalah.
Salah satu cara menghilangkan stress yang ampuh adalah mencoba mengikhlaskan segala sesuatunya dan menjalani hidup dengan sebaik-baiknya tanpa perlu terlalu khawatir tentang masa lalu, masa depan, atau apapun. Selain itu masih ada 10 cara menghilangkan stress lain yang bisa membantu Anda mengurangi stress. Mau tau? Simak penjelasan di bawah ini!
1. Meditasi
Menyempatkan untuk meditasi selama beberapa menit ternyata dapat membantu meringankan stress. Sebuah penelitian menemukan bahwa meditasi yang dilakukan secara rutin dapat membuat Anda lebih tabah dalam menghadapi stress.
Cara melakukannya cukup sederhana, yaitu dengan duduk tegap dengan kedua kaki menempel lantai. Pejamkan mata dan ucapkan sebuah kalimat pendek yang positif seperti “Aku merasa damai” atau “Aku mencintai hidupku”. Letakkan tangan Anda pada perut untuk menyelaraskan nafas dengan mantra yang Anda ucapkan. Biarkan pikiran-pikiran buruk pada pikiran kamu menghilang perlahan seperti dihembus angin.
2. Tarik nafas panjang
Di sela-sela pekerjaan, ambillah 5 menit untuk beristirahat dan mencoba mengatur nafasmu. Duduklah dengan tegap, pejamkan mata sambil meletakkan tangan di perut. Perlahan-lahan tarik napas melalui hidung, rasakan udara yang masuk bergerak dari perut hingga ke ujung kepala. Lakukan juga ketika Anda menghembuskan nafas. Menurut seorang psikolog, menarik nafas panjang dapat mengurangi stress dengan memperlambat debar jantung dan merendahkan tekanan darah.
3. Fokus pada saat ini
Ketika Anda sedang melakukan kegiatan apapun, upayakan untuk fokus dan memikirkan apa yang ada di hadapanmu. Jika Anda sedang berjalan kaki di luar, rasakan udara yang menerpa wajahmu, sentuh daun-daun yang berada di pinggir jalan. Jika Anda sedang makan, coba nikmati setiap gigitan yang masuk ke dalam mulut. Jika Anda sedang melakukan pekerjaan, fokuslah untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut tanpa memikirkan hal yang lain. Hal ini akan sangat membantu dalam mengatasi stress yang Anda alami.
4. Bergaul
Salah satu cara menghilangkan stress dengan cepat adalah dengan bergaul. Maka dari itu cobalah untuk keluar dari kamar kos dan hang out dengan seorang atau beberapa teman, atau minimal Anda bisa mengobrol dengan mereka melalui telepon. Setelah itu, coba rasakan perbedaan yang terjadi pada perasaanmu. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa mendapat pendangan-pandangan baru sekaligus memperkuat jalinan pertemanan Anda.
5. Rasakan dirimu
Cobalah sesekali menenangkan diri dan rasakan bagaimana stress dapat memberikan dampak bagi dirimu. Bersandarlah, atau duduk bersila di lantai. Rasakan mulai dari ujung jari kaki hingga ujung kepalamu, cari tahu apa yang Anda rasakan. Rasakan bagian mana yang serasa longgar dan tertekan. Bayangkan udara yang kamu hirup melalui setiap bagian tubuhmu dan pikirkan apa yang sedang Anda rasakan.
6. Kompres dengan air hangat
Letakkan plastik berisi air hangat pada leher atau pundakmu selama 10 menit. Pejamkan matamu dan relaksasikan wajah, leher, dada bagian atas dan otot-ototmu. Hal ini akan membantumu untuk merasa lebih rileks dan melepaskan sejenak beban-beban dalam pikiranmu.
7. Tertawa lepas
Tertawa tidak hanya meringankan beban mental, tetapi juga menurunkan kadar kortisol, yaitu hormon stress dalam tubuhmu. Selain itu, tertawa juga meningkatkan endorphin dalam otak yang mampu membuat mood Anda membaik. Tontonlah stand up comedy atau sitcom favorit kamu, baca komik-komik lucu atau bercerita dengan orang-orang yang bisa membuatmu tertawa.
8. Dengarkan musik
Penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik-musik mellow bisa menurunkan tekanan darah, debar jantung dan kecemasan. Buatlah daftar putar musik yang mengandung suara-suara alam seperti kicauan burung atau debur ombak. Biarkan pikiranmu membedakan suara melodi, instrumen musik dan penyanyi dalam musik-musik itu.
9. Olahraga
Anda tidak harus nge-gym sekian jam per hari untuk berolahraga. Cukup dengan melakukan yoga, berjalan atau berlari. Kegiatan fisik seperti ini terbukti dapat menurunkan kecemasan dengan membantu otak melepaskan zat yang bisa membuatmu merasa lebih baik. Hal ini juga memberikan tubuhmu kesempatan untuk menghadapi stress. Mulai saat ini, cobalah untuk melakukan olahraga setiap hari meskipun hanya latihan fisik ringan seperti berjalan atau berlali mengelilingi kompleks atau naik-turun tangga.
10. Bersyukurlah
Mulai saat ini, coba perbanyaklah bersyukur. Lihat kembali apa yang telah Anda miliki dan capai sejauh ini. Hal itu tidak lain adalah karena kasih sayang yang Tuhan berikan. Jangan ingkari nikmat-nikmat-Nya dengan terus-terusan menyesali apa yang telah terjadi. Syukuri apa yang diberikan-Nya dengan melakukan yang terbaik hari ini.
Seorang psikolog menyatakan bahwa mensyukuri anugerah yang kita terima dapat membatalkan munculnya pikiran-pikiran negatif, yang tentu saja mencegah terjadinya stress. Coba tulis rasa syukur Anda dan tempelkan di dekat tempat tidur, di dompet, atau di meja kerja untuk mengingatkanmu betapa indah kehidupan yang Anda jalani.
Saat Anda merasa stress mulai melanda, cobalah untuk melakukan beberapa kegiatan sederhana ini. Hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan sampai Anda membiarkan stress berlarut-larut karena akan berakibat buruk pada kesehatan Anda.

Posting Komentar

 
Top